Rabu, 20 Januari 2016

Analisis Regresi Linear Sederhana Berbantuan SPSS

Analisis Regresi Linear Sederhana Berbantuan SPSS
Analisis Regresi Linear Sederhana Berbantuan SPSS| Analisis Regresi Linear Sederhana (Linear Regression Analysis) merupakan analisis statistik yang menggunakan model hubungan (korelasi) antara satu variabel bebas dengan satu variabel terikat, yakni model hubungan linier. Analisis regresi linear sederhana hanya cocok dan sesuai digunakan pada data yang berskala interval dan ratio.
Tujuan analisis regresi linear sederhana adalah mencari penyelesaian secara statistik mengenai pengaruh dari satu variabel bebas (independent) terhadap satu variabel terikat (dependent) agar dapat memperoleh hasil analisis berikut.
  1. Nilai koefisien determinasi (R Square): mencerminkan seberapa besar kontribusi variabel bebas dalam mempengaruhi variabel terikatnya. Nilai dari R Square berkisar antara 0 – 1, di mana nilai yang mendekati 1 berarti semakin besar kontribusi variabel bebas dalam mempengaruhi variabel terikat.
  2. Nilai F hitung dan signifikansi yang menyertainya, bila Nilai F hitung signifikan (Sig < 0,05) maka berarti ada pengaruh yang signifikan antara variabel bebas terhadap variabel terikat.
  3. Persamaan garis regresi. Persamaan umum: Y = a + b X.
  • Jika besarnya biaya promosi meningkat sebesar 1 satuan rupiah, maka profitabilitas meningkat sebesar  b satuan rupiah.
  • Jika biaya promosi bernilai nol, maka profitabilitas akan bernilai  a satuan rupiah.
Untuk melakukan analisis regresi linear sederhana, tentu saja harus menyiapkan data yang terdiri dari variabel independent dan variabel dependent. Misalnya data terdiri dari variabel independent (x) dan variabel dependent (y), dimana variabel (x) berupa Pelayanan Kepada Konsumen, dan variabel (y) berupa Minat Beli Konsumen Minyak Goreng Merk Damai. Selanjutanya menyiapkan data dengan program SPSS.
Jalankan Program SPSS, lanjutkan dengan klik pada Variable View seperti tampak berikut.
Variable View Analisis Regresi Linear Sederhana Berbantuan SPSS
Klik tab Data View, kemudian memasukkan (mengentri) data seperti berikut:

Data
Data untuk Analisis Regresi Linear Sederhana Berbantuan SPSS


Selanjutnya
Kriteria Keputusan:
  • Jika nilai F (F hitung) disertai oleh signifikansi (sig.) < 0,05, maka variabel bebas memiliki pengaruh yang sangat meyakinan terhadap variabel terikat  
  • Jika nilai F (F hitung) disertai oleh signifikansi (sig.) > 0,05, maka variabel bebas tidak memiliki pengaruh yang meyakinan terhadap variabel terikat.

Langkah-langkah Analisis Data

1. Pastikan Program SPSS sudah aktif dengan terbukanya data seperti di atas.
2. Klik Analyze > Regression > Linear..., maka akan tampak kotak dialog Linear Regression.
3. Pilik/klik variabel Pelayanan Kepada Konsumen (x), klik  ►ke kotak Independent(s)
4. Pilik/klik variabel Minat Beli Konsumen Minyak Goreng Merrek Damai (y), klik ►ke kotak Dependent:
    seperti tampak berikut:

Proses Analisis Regresi Linear Sederhana Berbantuan SPSS
5. Klik tombol OK (selesai), sehingga ditampilkan hasil output analisis seperti berikut:

Output 1 Analisis Regresi Sederhana Berbantuan SPSS
Output 2 Analisis Regresi Sederhana Berbantuan SPSS
Output 3 Analisis Regresi Sederhana Berbantuan SPSS

Interpretasi hasil analisis:

  1. Tabel Model Summary menunjukkan nilai R sebesar 0,964 merupakan koefisien korelasi yang berada dalam kategori kuat. Sedangkan nilai koefisien deterninasi (R Square sebesar 0,929 atau 92,9% merupakan besarnya kontribusi pengaruh Pelayanan Kepada Konsumen (x) terhadap perubahan Minat Beli Konsumen Minyak Goreng Merk Damai (Y).
  2. Tabel ANOVA menunjukkan nilai F sebesar 696,504 dengan signifikansi (Sig) sebesar 0,000.  Berdasarkan kriteria keputusan di atas dapat disimpulkan bahwa pengaruh Pelayanan Kepada Konsumen (x) terhadap perubahan Minat Beli Konsumen Minyak Goreng Merk Damai (Y) adalah signifikan karena nilai Sig sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05).
  3. Tabel Coeficients menunjukkan nilai t sebesar 26,391 dengan signifikansi (Sig) sebesar 0,000 merupakan pengaruh individu dari variabel independen terhadap variabel dependen, yang berarti memiliki pengaruh yang signifikan. Dari tabel ini juga didapat mnggambarkan persamaan garis rgresinya adalah Y= 56,895 + 1,310 X. . 
Demikianlah kawan cara  Analisis Regresi Linear Sederhana Berbantuan SPSS. Semoga yang sederhana ini bisa memberikan manfaat.
 

1 komentar: