Hasil analisis korelasi product moment akan memperoleh hasil koefisien korelasi sebesar (r) yang selanjutnya untuk mengetahui kuat-lemahnya hubungan (korelasi) akan dikonsultasikan pada kategori berikut.
Interprestasi angka korelasi menurut Prof. Sugiyono (2007)
0 - 0,199 : Sangat lemah
0,20 – 0,399 : Lemah
0,40 – 0,599 : Sedang
0,60 – 0,799 : Kuat
0,80 – 1,0 : Sangat kuat
Dalam model hubungan (korelasi) product moment terdapat 3 (tiga) macam sifat hubungan yang bisa terjadi, antara yaitu:
- Hubungan Positif, artinya semakin meningkatnya variabel bebas (independent variable) akan diikuti oleh semakin meningkatnya variabel terikat (dependent variable).
- Tidak Ada Hubungan, artinya variabel terikat (dependent variable) tidak akan mengalami perubahan walaupun variabel bebas (independent variable) mengalami perubahan.
- Hubungan Negatif. artinya semakin meningkatnya variabel bebas (independent variable) akan diikuti oleh semakin menurunnya variabel terikat (dependent variable).
Jalankan Program SPSS, lanjutkan dengan klik pada Variable View seperti tampak berikut.
Klik tab Data View, kemudian memasukkan (mengentri) data seperti berikut:
Selanjutnya untuk mengetahui signifikansi hubungan (korelasi) dari variabel Pelayanan Kepada Konsumen (x) dan variabel Minat Beli Konsumen Minyak Goreng Merk Damai (y) didasarkan pada kriteria keputusan berikut.
Kriteria Keputusan:
- Jika nilai r (r hitung) disertai oleh signifikansi (sig.) < 0,05, maka variabel bebas memiliki pengaruh yang sangat meyakinan terhadap variabel terikat.
- Jika nilai r (r hitung) disertai oleh signifikansi (sig.) > 0,05, maka variabel bebas memiliki pengaruh yang sangat meyakinan terhadap variabel terikat..
Langkah-langkah Analisis Data
1. Pastikan Program SPSS sudah aktif dengan terbukanya data seperti di atas.2. Klik Analyze » Correlate » Bivariate..., maka akan tampak kotak dialog Bivariate Correlation.
3. Pilik/klik variabel Pelayanan Kepada Konsumen (x), klik ►ke kotak Variables
4. Pilik/klik variabel Minat Beli Konsumen Minyak Goreng Merrek Damai (y), klik ►ke kotak Variables:
seperti tampak berikut:
6. Klik tombol OK (selesai), sehingga ditampilkan hasil output analisis seperti berikut:
Interpretasi hasil analisis:
Dari tabel output tersebut di atas dapat dikatakan bahwa koefisien korelasi antara Pelayanan Kepada Konsumen (x) dengan Minat Beli Konsumen Minyak Goreng Merk Damai (y) adalah sebesar (r) = 0,964 disertai signifikansi 0,000. Berdasarkan kriteria keputusan di ata maka dapat simpulkan bahwa korelasi dari kedua variabel tersebut adalah signifikan, oleh karena signifikasi yang menyertainya lebih keil dari 0,05 (0,000 < 0,05).Korelasi yang terjadi bersifat positif, artinya apabila variabel bebas (independent) meningkat, maka akan disertai oleh meningkatnya variabel terikat (dependent), korelasi yang terjadi berada dalam kategori sangat kuat.
Sekian dan semoga bermnfaat, sampai jumpa pada postingan berikutmya.
Referensi
trimakasih kawan telah share ke sini, slmat beraktivitas semoga sukses, dan semoga berkah.
BalasHapuspak maaf untuk koreksi "kriteria keputusan", yang r > 0.05 dan r < 0.05 kok sama
BalasHapusBapak jika r kerja lebih besar dari r tabel itu kan signifikan akan tetapi dalam kategori rendah gimana bapak???
BalasHapusMohon penjelasannya?
Olah Data Semarang
BalasHapusWhatsapp 085227746673
Terima Jasa Olah Data
SPSS, EVIEWS, STATA, SmartPLS, DLL
Turnitin Free (Gratis) Berlaku Sampai 2022
Link Download
bit.ly/New32Dec
STATA 17 Full Version
Link Download
dik.si/STATA17
SmartPLS 3.3.3 Full Version
Link Download
dik.si/SM333
Eviews 12 Full Version
Link Download
dik.si/Eviews
#new_olahdatasemarang #newolahdatasemarang #skripsi #olahdata #jasaskripsi
#spss #stata #smartpls #eviews #turnitin #olahdatasemarang #olahdatasemarang_
#olahdatasemarang2021 #olahdatasemarang_2021