Rabu, 06 Januari 2016

Cara Menangani Angket yang Kurang Reliabel

Cara Menangani Angket yang Kurang Reliabel | Angket yang telah dinyatakan reliabilitasnya kurang  seringkali menjadikan resah dan gelisah bagi pembuat angket tersebut. Sementara itu, pengakuan bahwa angket memiliki reliabilitas tinggi atau bahkan sempurna sangat diharapkan oleh pembuat angket tersebut.  Seorang kawan pernah menyampaikan kegelisahannya kepada saya 'mengapa angket saya kurang reliabel, padahal butir-butir pertanyaan sudah valid semua? karena butir yang tidak valid sudah digugurkan'.

Dicontohkan sekelompok skor data terdiri dari 15 butir pertanyaan, 1 butir skor total dengan total responden sebanyak (N) 30 seperti pada tabel berikut.
Data


Dari data tersebut di atas setelah diuji validitasnya memberikan hasil output yang secara ringkas seperti yang disajikan pada tabel berikut. Dari jumlah 15 butir pernyataan dalam angket terlihat 1 butir saja (x1.5) yang dinyatakan tidak valid (Baca juga: Uji Validitas Butir Menggunakan Analisis Product Moment Berbantuan SPSS).

Hasil uji Validitas


Berdasarkan hasil output uji validitas seperti tabel di atas, terlihat 14 butir dinyatakan valid, yang selanjutnya akan diuji reliabilitasnya dengan menggunakan analisis Alpha Cronbach's, sehingga menyajikan output sperti tampak pada tabel berikut. (Baca juga: Uji Reliabilitas Instrumen (angket) Menggunakan Analisis Alpha Cronbach's Berbantuan SPSS).
Hasil uji Reliabilitas
 


Sedikit yang ingin saya katakan ulang bahwa data angket semula 15 butir (item), hasil uji validitas menyatakan terdapat 1 butir (item) yang tidak valid yaitu x1.5, yang akhirnya digugurkan. Dari 14 butir (item) yang sudah dinyatakan valid diuji reliabilitas dengan model uji dari reliabilitas Alpha Cronbach's, didapat hasil koefisien reliabilitas Alpha sebesar 0,692. Nilai tersebut berada dalam berkategori reliabel moderat (sedang). Sehubungan dengan keadaan tersebut agar angket semakin reliabel bisa dilakukan hal-hal berikut.
Langkah-langkah Menangani Angket  yang Kurang Reliabel:
  1. Amatilah output reliabilitas bagian Item-Total Statistics, pada kolom Cronbach's Alpha If Item Deleted.
  2. Carilah nilai yang paling tinggi (ambil contoh: lebih dari 0,692), ditemukan nilai sebesar 0,698 yang ditunjukkan oleh item (butir) x1.1.
  3. Artinya apabila item x1.1 ini rela digugurkan (deleted) dan diuji ulang reliabilitasnya maka koefisien reliabilitas akan meningkat dari 0,692 menjadi 0,698. 
  4. Jika tindakan ini harus dilakuan, maka lakukan dengan sangat hati-hati. Pertimbangkan kecukupan item dari variabel yang bersangkutan (dalam hal ini X1), agar tidak menjadikan angket kurang representatif. 
  5. Jika angket masih dirasa kurang reliabel, tindakan ini masih bisa dilakukan ulang mulai dari no.1 hingga no. 5.
  6. Selesai lihat nilai Alpha dengan jumlah item (butir) lebih sedikit dari sebelumnya.
Demikian langkah-langkah Cara Menangani Angket yang Kurang Reliabel, semoga tip ini berguna dan bermanfaat membantu kawan-kawan yang menghadapi kasus serupa.
Jangan lupa (Baca juga: Uji Validitas Butir Menggunakan Analisis Product Moment Berbantuan SPSS) dan Uji Reliabilitas Instrumen (angket) Menggunakan Analisis Alpha Cronbach's Berbantuan SPSS.

8 komentar:

  1. trimakasih kawan telah share ke sini, slmat beraktivitas semoga sukses, dan semoga berkah.

    BalasHapus
  2. admin, saya ingin bertanya. Saya memiliki model regeresi dengan 3 variabel independent. variabel 1 diukur dengan skala likert (skor 1-5), variabel 2 dan 3 skornya 1 atau 0 (bukan dummy). Saat uji validitas apabila digabung, hasilya variiabel 2 dan 3 tidak valid. Apabila masing2 variabel dipisah, seluruh hasilnya valid. Ketika uji reliabel, apabila diuji satu per satu (dipisah) variabel ketiga hasilnya tidak reliabel. Namun, apabila seluruh variabel digabungkan, hasilnya reliabel. Mohon bantuannya, apa yang harus saya lakukan. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sama seperti Kaka tentang reliabilitas, trs skrg apakah sudah bisa ka, mohon bantuannya terimakasih ka🙏🏻

      Hapus
  3. Saya mau menanyakan referensi buku untuk langkah2 penanganan angket yg kurang reliabel di buku apa ya pak

    BalasHapus
  4. Saya mau tanya syarat pertanyaan dapat di gugurkan itu apa ya ? Tolong di jawab

    BalasHapus
  5. Min saya mau tanya, klau dri 7item instrumen pda uji validitas smua valid, tpi pda uji reliabel tdk valid, hnya ada stu instrumn yg valid yaitu prtnyaan no 6, stlah saya hpus no 6 mnjadi valid, apakah pda uji validitas jga hrs dhpus prtnyaan no 6?

    BalasHapus
  6. Bisakah angket yg dibuat terpisah dan sdh diuji hasilnya valid trus digabung dg angket lainnya yg sdh valid juga utk menambah jumlh angket yg dianggap kurang ? Mohon penjelasannya

    BalasHapus
  7. Ada sumber referensi nya gak ya untuk mengatasi data yg tidak reliabel

    BalasHapus